JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 5 No 2 (2019): Edisi Vol. 5 No. 2 Nopember

Pengaruh penggunaan media pembelajaran cangkang kerang terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kab. Sikka

Benny Hendriana (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Wahyuningsih Wahyuningsih (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan MIPA, IKIP Muhammadiyah Maumere)
Edi Supriadi (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Prof. DR. Hamka)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal yang ada di Kab. Sikka Nusa Tenggara Timur terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi Seluruh Siswa Sekolah Dasar di Kab. Sikka. Teknik pengaambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang mengukur motivasi siswa. Data dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Uji hipotesis dilakukan setelah pengujian normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji regresi menggunakan SPSS, maka didapat nilai sigifikasi sebesar 0,00 (kurang dari 0,05) yang berarti menolah H0 dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Kab. Sikka terhadap motivasi belajar sebesar 90,5%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...