International Journal of Community Service Learning
Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022

Socialization of Literacies Assessment in the Covid-19 Pandemic Era for Elementary School Teachers in Jakarta

Zulela MS (Univesitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)
Desy Safitri (Universitas Negeri Jakarta)
Ika Lestari (Universitas Negeri Jakarta)
Musril Zahari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia)
Rossi Iskandar (Universitas Trilogi)
Ajat Sudrajat (Universitas Terbuka)
Sri Nuraini (Universitas Negeri Jakarta)
Taufik Rihatno (Universitas Negeri Jakarta)
Yustia Suntari (Universitas Negeri Jakarta)
Maratun Nafiah (Universitas Negeri Jakarta)
Rosinar Rosinar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Saat ini kompetensi guru SD di Jakarta terkait penilaian keaksaraan efektif selama ini belum dikelola dengan baik. Masalah ini juga dihadapi oleh guru sekolah dasar di provinsi Jakarta di Indonesia. Mereka memiliki masalah untuk menghadapi penilaian literasi yang efektif di era pandemi covid-19. Solusinya adalah sosialisasi penilaian literasi yang efektif di era pandemi covid-19 kepada mereka. Metode yang digunakan dalam melakukan kerjasama internasional pengabdian masyarakat ini adalah pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, dan pemberian tugas. Sosialisasi ini dilakukan melalui video conference dalam bentuk kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dalam menghadapi penilaian literasi yang efektif di era pandemi covid-19 untuk mencapai kualitas pembelajaran yang optimal bagi guru sekolah dasar di provinsi Jakarta di Indonesia. Kerjasama internasional pengabdian masyarakat ini dilakukan di sekolah-sekolah dasar di Provinsi Jakarta di Indonesia karena sekolah dasar tersebut secara rutin dibina oleh Universitas Negeri Jakarta. Kerja sama pengabdian masyarakat internasional ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test setelah sosialisasi selesai untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini. Implikasi dari pengabdian masyarakat ini, para guru dapat menerapkan berbagai macam teknik penilaian literasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJCSL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to ...