Jurnal Aquatik
Vol 3 No 1 (2020): Edisi Maret 2020

Pengaruh penambahan batang pisang (Musapardisiaca formatpyca) yang difermentasi dengan probiotik pada pakan komersial terhadap pertumbuhan ikan bandeng (Chanos chanos)

Arnoldus Nahak Seran (Unknown)
Felix Rebhung (Unknown)
Agnette Tjendanawangi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2020

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan dengan dosis hasil fermentasi yang berbeda yaitu dosis 5%, dosis 10%, dosis 15% dan pakan komersil tanpa penambahan hasil fermentasi. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan mutlak, pertumbuhan spesifik harian, kelangsungan hidup dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pertambahan bobot biomassa benih ikan bandeng tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian dosis probiotik 15 % pakan yaitu rerata pertambahan biomassa 13.47 gram. Pertumbuhan spesifik harian yang menunjukan pertumbuhan bobot tertinggi diperoleh pada perlakuan pemberian dosis 15% pakan yaitu rerata pertambahan biomasa 1.29 gram. Tingkat kelangsungan hidup benih ikan bandeng yang diberi probiotik dengan dosis yang berbeda menghasilkan kelulushidupan 100%. Kisaran kualitas air selama penelitian masih layak untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan bandeng, yaitu suhu bekisar 30-32°C, pH air bekisar antara 7.2- 8.3,dan salinitas bekisar 28-29 ppt. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan probiotik pada batang pisang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kelulushanhidupan ikan bandeng. Kata kunci: Ikan bandeng, Kualitas Air, Pakan Komersil, Pertumbuhan, Probiotik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jaqu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Aquatik merupakan media desiminasi hasil-hasil penelitian kelautan dan perikanan. Jurnal Aquatik terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Oktober. Minimal ada 20 Artikel baru yang diterbitkan setiap tahunnya. Selain terbitan berkala dimungkinkan juga ada terbitan khusus. Jurnal ...