JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 9, No 1 (2022): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF

Nana Ronawan Rambe (Institut Agama Islam Negeri Ambon)
Wa Mirna (Institut Agama Islam Negeri Ambon)
Asrul . (Institut Kesehatan Helvetia)
Rudi Purwana (Institut Kesehatan Helvetia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui software program Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan menyimak insentif  pada materi cerita fantasi di kelas VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Media yang dihasilkan terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka (meliputi SK,KD, dan petunjuk penggunaan media), isi (meliputi menu materi, latihan, dan kuis), dan penutup (meliputi video motivasi dan biodata penulis). Media pembelajaran macromedia flash tersebut diuji cobakan kepada (1) ahli media pembelajaran dan (2) ahli materi, (3) praktisi, dan (4) siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Ahli materi, angket Ahli media, praktisi dan angket respon Siswa, dan instrumen  indikator menyimak intensif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Macromedia Flash dengan bantuan aplikasi Ms. Power Point, dan (2) validasi desain, (3) revisi produk, dan (4) uji coba produk pada siswa SMP Negeri 4 Maluku Tengah di kelas VII. Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh dari angket uji ahli menunjukkan bahwa macromedia flash layak dan siap diimplementasikan. Kata Kunci: macromedia flash, menyimak intensif, siswa SMP Kelas VII Abstract : This study aims to produce learning media through the Macromedia Flash software program to improve the ability to listen to incentives on fantasy story material in class VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah. The subjects of this study were the seventh grade students of SMP Negeri 4 Central Maluku, totaling 28 people. This study uses a development method adapted from the Borg and Gall development model. The resulting media consists of three parts, namely the opening (covering SK, KD, and instructions for using media), content (covering material menus, exercises, and quizzes), and closing (covering motivational videos and author biodata). The macromedia flash learning media was tested on (1) learning media experts and (2) material experts, (3) practitioners, and (4) students. The instruments used in this research are material expert questionnaires, media expert questionnaires, practitioner and student response questionnaires, and intensive listening indicator instruments. The method used in data collection is observation, interviews, and questionnaires. The stages carried out in this research include: (1) Design stage, making media using Macromedia Flash application with the help of Ms. Power Point, and (2) design validation, (3) product revision, and (4) product testing on students of SMP Negeri 4 Central Maluku in class VII and ready to be implemented. Keywords: macromedia flash, intensive listening, class VII junior high school students

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...