Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Seandanan: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Pelatihan Penulisan Buku Referensi Bagi Dosen dan Mahasiswa (Studi di Universitas Lampung dan STIA Lembaga Administrasi Negara Bandung)

Noverman Duadji (FISIP UNILA)
Novita Tresiana (FISIP UNILA)
Intan Fitri Meutia (Universitas Lampung)
Devi Yulianti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Data di Indonesia menggambarkan baru seperdelapan (0,125%) dosen dari 45 perguruan tinggi negeri dan 1400 perguruan tinggi swasta di Indonesia yang telah menulis publikasi, dalam bentuk buku, disisi lain seluruh dosen yang ada di Indonesia diperkirakan berjumlah 1.850.000 orang akademisi. Hal tersebut juga bisa dibuktikan dari jumlah buku yang diterbitkan setiap tahun di Indonesia hanya berjumlah 3000 judul. Penelitian bertujuan untuk peningkatan kapasitas dosen termasuk mahasiswa dalam menulis buku referensi sebagai bagian budaya kegiatan akademik sekaligus instrument tercapainya mutu lembaga akademik. Metode yang digunakan dalam workshop/lokakarya dengan, kepesertaan pada bidang ilmu yang sama, yaitu administrasi public. Penulisan Buku referensi baik oleh dosen maupun mahasiswa, selain menjadi tanngungjawab dan kewajiban akademik juga merupakan standar akreditasi/jaminan mutu lembaga akademik. Upaya pendampingan, komitmen penganggaran dan membangun lingkungan budaya menulis menjadi factor penguat keberhasilan tujuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seandanan

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Seandanan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh FISIP Unila sebagai menjadi media publikasi ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini dipublikasi pertama kali pada tahun 2021 dan direncanakan akan terbit secara berkala dua kali selama setahun ...