Indonesian Journal of Social and Educational Studies
Vol 2, No 1 (2021): Indonesian Journal of Social and Educational Studies

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on the Draw untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Nurdiana Syukur (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar)
Ilham Thaief (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar)
Rahmatullah Rahmatullah (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Hasan (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar)
Inanna Inanna (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas x SMAN 15 Makassar. Penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas (Classroom action research ) dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa dari kelas kontrol dan 35 siswa dari kelas eksperimen . Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan evaluasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan diperoleh skor rata-rata untuk kelas kontrol mencapai 73,00 persen sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 68,57 persen, dan pada kelas eksperimen skor rata-rata mencapai 80,85 persen, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 100 persen. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  ditandai dengan semakin meningkatnya presentase pada kelas eksperimen dan kelas kontrol , secara keseluruhan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Quick On The Draw  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Efektivitas ,Kooperatif learning Quick On The Draw, Hasil Belajar. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijses

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Indonesian Journal of Social and Educational Studies welcomes any research papers on education and social sciences using techniques from and applications in any technical knowledge domain: original theoretical works, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning ...