Jurnal Talenta Sipil
Vol 5, No 1 (2022): Februari

Perencanaan Rigid Pavement pada Rekontruksi Kapasitas Struktur di Ruas Jalan Bensol Kota Jambi

Roby Firmansyah (Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi)
Amsori M DAS (Unknown)
Wari Dony (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Pada Ruas Jalan Bensol , sebelumnya menggunakan perkerasan lentur (flexibel pavement) sebagai jalan utamannya, dan saat ini pada jalan tersebut banyak sekali mengalami kerusakan jalan, kerusakan pada jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan serta banyak menimbulkan korban akibat dari kerusakan jalan yang tidak segera ditangani oleh instansi yang berwenang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan kaku yang dibutuhkan, mengetahui perbedaan hasil perhitungan tebal lapis perkerasan kaku dengan metode Bina Marga Pd T-14-2003 dan metode National Associations of Australian State Road Authorities (NAASRA) dan mengetahui biaya pembangunan perkerasan kaku pada Jalan Bensol Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui survey data lalu lintas harian pada jalur tersebut dan data dari Kementerian Pekerjaan Umum.Berdasarkan hasil perhitungan didapat tebal perkerasan kaku pada Bina Marga 2003 adalah 20 cm dengan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm. Sedangkan National Associations of Australian State Road Authorities (NAASRA) adalah 18 cm dan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm, dan hasil perhitungan analisa harga satuan, diperkirakan biaya yang diperlukan untuk membangun jalan bensol adalah Rp.3.777.319.516, harga sudah termasuk pajak pertambahan nilai 10%.

Copyrights © 2022