AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 2 (2022)

PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMBUKTIKAN IDENTITAS DASAR TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA REFLEKTIF-IMPULSIF

Anis Farida Jamil (Universitas Muhammadiyah Malang)
Siti Inganah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Anggarda Prasetya (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstrakProses berpikir kreatif dibutuhkan siswa salah satunya untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan pembuktian. Proses berpikir kreatif berhubungan dengan kognisi seseorang sehingga gaya kognisi dapat mempengaruhi proses berpikir kreatif. Pada penelitian ini, gaya kognisi dibagi menjadi Reflektif dan Impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya reflektif-impulsif dalam menyelesaikan masalah pembuktian dasar trigonometri. Penelitian ini berjenis deskritif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah atas dengan karakteristik gaya reflektif dan impulsif. Instrumen yang digunakan adalah tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), lembar tes, dan lembar wawancara. Lembar MFFT digunakan untuk mengidentifikasi gaya kognitif siswa, lembar tes digunakan untuk melihat proses berpikir kreatif siswa, dan lembar wawancara digunakan sebagai pendukung data hasil tes dalam melihat proses berpikir kreatif. Data dianalisis dengan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 29 siswa yang diberikan tes MFFT diperoleh 10 siswa memiliki karakteristik gaya kognitif reflektif dan 2 siswa memiliki gaya kognitif impulsif. Siswa reflektif memiliki tahapan yang lebih baik pada proses berpikir kreatif daripada siswa impulsif. Namun demikian hasil akhir pembuktian identitas trigonometri adalah sama baik siswa reflektif maupun impulsif. AbstractThe creative thinking process is needed only by students to solve mathematical problems related to proof. The creative thinking process connect to one's cognition so that the cognitive style can affect the creative thinking process. In this study, the cognitive style is divided into Reflective and Impulsive. This study aims to describe the creative thinking process in terms of the reflective-impulsive style in proving trigonometric identity problems. This research is descriptive with a qualitative approach. The research subjects were high school students with reflective and impulsive style characteristics. The instruments used are the Matching Familiar Figure Test (MFFT), test sheets, and interview sheets. MFFT sheets are used to identify students' cognitive styles, test sheets are used to see students' creative thinking processes, and interview sheets are used to support test result data in seeing creative thinking processes. Data with analysis of reduction, presentation, and drawing conclusions. The results showed that from 29 students who were given the MFFT test, 10 students had the characteristics of a reflective cognitive style and 2 students had an impulsive cognitive style. Reflective students have better creative thinking process than impulsive students. However, the final result of proving trigonometric identity is the same for both reflective and impulsive students.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...