Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 6, No 1 (2021): JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 05 JAYAPURA KABUPATEN SIAK

Gustimal Witri (Universitas Riau)
Rusli Rusli (Guru SDN 05 Jayapura)
Nur Three Harzuliana (Universitas Riau)
Zeti Akmalia (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan  di SDN 05 Jayapura. Subjek dari penelitian ini adalah  siswa kelas 5 yang berjumlah 30 orang dimana terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penilitian  ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa sebelum dan setelah diterapkan  model  pembelajaran Blended Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari, dimana hari pertama  memberikan  pretest kepada siswa, hari kedua sampai hari ke-29 memberikan pembelajaran, dan hari ke-30 adalah posttest. Hasil penelitian dilihat dari  pretest dan posttest siswa. Pada hasil pretest dari 30 siswa, terdapat 14 siswa yang tuntas dan 16 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata yaitu 62,16. Kemudian Pada posttest jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat yaitu 27 orang sedangkan siswa yang belum tuntas yaitu 3 orang sehingga didapat rata-rata 77,16 yang tergolong tinggi. Hasil Uji-t dengan thitung= 12,281 dan ttabel= 2,045, dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan dan peningkatan dari hasil belajar siswa SD Negeri 05 Jayapura antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Blended Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan: Penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan kelas, Proses pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan ini terbit 3 periode dalam 1 tahun yaitu Bulan April, Agustus, ...