Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 20, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan

Motivasi dan Kompetensi Mengajar Dosen terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Iffarial Nanda (SMK Pratama Padang, Padang, Sumatra Barat)
Ambiyar Ambiyar (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat)
Wakhinuddin Wakhinuddin (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat)
Muhammad Giatman (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat)
Mukhlidi Muskhir (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat)
Dedi Setiawan (Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatra Barat)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kompetensi mengajar dosen terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang mengambil mata kuliah Motor Bensin. Populasi penelitian berjumlah 93 orang. Sampel penelitian berjumlah 76 orang yang dipilih menggunakan teknik proportional sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kompetensi mengajar dosen secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. AbstractThe purpose of the research was to determine the effect of motivation and teaching competence of lecturers on student learning outcomes. The type of research used ex post facto. The research subjects were students of Automotive Engineering Education, Faculty of Engineering, State University of Padang who took the Gasoline Motor course. The research population amounted to 93 people. The research sample amounted to 76 people who were selected using proportional sampling technique. The data collection tool used a questionnaire. The data analysis technique used regression test. The results showed that the motivation and teaching competence of lecturers had no significant effect on student learning outcomes.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...