Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Team Game Tournament(TGT)terhadap aktivitas belajar matematika dalam materi pecahan pada siswa kelas V SDN 12 Entikong.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan model Team Game Tournament(TGT),desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design, model Desain One-Group Pretest-Posttest Design.Hasil penelitian, dipeoleh dari rumus persentase dan uji normalitas serta uji hipotesis untuk mengetahui aktivitas belajar. Hitungan pretest pada kolom Ya 34,82% jika dijumlahkan sebesar 172. Hasil hitungan posttes kolom Tidak 65,18% jika dijumlahkan sebesar 322. Hasil hitungan pretest kolom Ya 39,88% jika dijumlahkan sebesar 197. Hasil hitungan posttest kolom Tidak 59,92% jika dijumlahkan sebesar 296. Berdasarkan hasil uji normalitas sebelum perlakuan yaitu X2hitung = 1.080,53 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitungX2tabel. Uji normalitas sesudah perlakuan yaitu X2hitung = 920, 94 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitungX2tabel. Kesimpulan uji normalitas yaitu data penelitia ini berdistribusi tidak normal.
Copyrights © 2022