Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 5, No 1 (2022): Eklektik

Strategi Pemasaran Umkm di Masa Pandemi Covid-19

Dedi Rianto Rahadi (Universitas Presiden Cikarang)
Cucu Wardiman (Universitas Presiden Cikarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Wabah virus Corona telah mempengaruhi jutaan nyawa di seluruh dunia. Pada September 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, 2020) melaporkan hampir 29 juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 900.000 kematian secara global. Wabah dimulai di China pada bulan Januari dan dengan cepat menyebar ke negara lain. Amerika Serikat menyumbang kasus positif paling banyak dengan lebih dari 6 juta orang terinfeksi saat ini. Karena sifat virus yang mudah menyebar dari kontak manusia, banyak negara telah melarang bepergian, menutup bisnis yang tidak penting, dan bahkan mengeluarkan perintah tinggal di rumah. Perekonomian menderita akibat dampak pandemi dan tidak berkorelasi dengan dampak kesehatan yang tinggi. Pandemi telah menjadi aspek yang tidak menguntungkan tetapi konsisten dari keberadaan manusia selama berabad-abad, mengancam kehidupan serta mata pencaharian secara global. Sementara banyak konsekuensi ekonomi dan kesehatan dari pandemi didokumentasikan dengan baik, implikasi pemasaran mereka kurang dipahami. Mengatasi kesenjangan ini, kami mengembangkan kerangka kerja konseptual yang luas untuk menyoroti karakteristik dan dampak pandemi yang berkaitan dengan pemasaran. Kami pertama-tama mengidentifikasi empat kekuatan tingkat makro yang mengkarakterisasi pandemi dan menyoroti implikasi pemasarannya. Selanjutnya kami membahas implikasi ini pada tingkat mikro dan mengidentifikasi serangkaian pertanyaan penelitian untuk merangsang penyelidikan lebih lanjut, bukan hanya untuk menghasilkan wawasan yang lebih dalam terkait dengan implikasi pemasaran pandemi tetapi juga untuk membayangkan perkembangan baru dalam hal ini daerah. Terakhir, kami mengidentifikasi dampak pandemi yang tidak proporsional dan implikasinya terhadap beberapa sektor industri, termasuk kesehatan, ritel, pendidikan, perhotelan, dan pariwisata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...