SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 6, No 2 (2022): Juni

PENDAMPINGAN PEMBUATAN INSTAGRAM DALAM PEMASARAN PRODUK LOKAL DESA BAHAL GAJAH, KAB. SIMALUNGUN

Damayanti Safitri (Universitas Simalungun)
Hafiz Azhar (Universitas Simalungun)
Liharman Saragih (Universitas Simalungun)
Taufik Parinduri (Universitas Simalungun)
Mahaitin H. Sinaga (Universitas Simalungun)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

ABSTRAKProduk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Bahal Gajah salah satunya adalah membuat produk hiasan dinding dan bunga yang terbuat dari limbah kulit jagung yang dilakukan oleh para pemuda – pemudi  dimana salah satu sektor penghasilan terbesar di Desa Bahal Gajah adalah bertani jagung. Banyak kendala yang dihadapi terutama dalam hal pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga masih kurang maksimal dalam hal penjualan, mereka biasanya hanya menjual produknya di pasar dengan membuka lapak. Strategi pemasaran yang dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi yang akan menjadi kekuatan dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial instagram untuk pemasaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa demonstrasi dan praktek langsung. Harapan dari dilakukan nya kegiatan ini dapat merubah wawasan pemuda - pemudi agar dapat melakukan pemasaran melalui media sosial instagram. Kata kunci: pemanfaatan teknologi; media social; pendampingan. ABSTRACTOne of the Micro Small and Medium Enterprises products produced by the community in Bahal Gajah village is making wall and flower decoration products made from corn husk waste which is carried out by young people where one of the biggest income sectors in Bahal Gajah village is corn farming. Many obstacles are faced, especially in terms of marketing  pro Micro Small and Medium Enterprises pducts so that they are still not optimal in terms of sales, they usually only sell their products in the market by opening stalls. The marketing strategy used as a solution is to utilize technology that will be a strength in marketing the resulting product. Therefore, this service activity aims to utilize Instagram social media for marketing. The method used in this service activity is in the form of demonstration and direct practice. It is hoped that this activity can change the insight of young people so that they can do marketing through social media Instagram. Keywords: technology utilization; social media; accompaniment.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...