Potensi wilayah pesisir di Indonesia dalam aspek kualitas dan kuantitasnya sangat beragam, hal tersebut menjadi peluang dan tantangan dalam memanfaatkannya sebagai media pembelajaran IPS di sekolah dasar. Peluang dari potensi wilayah pesisir terbentuknya pemahaman tentang proses pengelolaan masyarakat pesisir yang belum optimal baik dalam perekonomian maupun pendidikan. Adapun tantangannya keberlanjutan dari pelaksanaan pengelolaan yang diperlukan dalam jangka panjang. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pangandaran bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan potensi kawasan pesisir dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Dalam mengetahui pemanfaatan potensi wilayah pesisir ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan kajian pustaka dan wawancara kepada guru sekolah dasar. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa pembelajaran IPS di masa pandemi covid-19 ini dapat dilakukan dengan menggunakan potensi wilayah pesisir sebagai media pembelajaran. Peserta didik dapat menggunakan media sosial sebagai informasi hasil pembelajaran dan mengoptimalkannya dengan menampilkan produk masyarakat di wilayah pesisir di Kabupaten Pangandaran.
Copyrights © 2022