JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Strategi Pengembangan Bahan Ajar Teks Naratif Cerita Rakyat Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di MI Sunan Giri Perak Jombang

Mu’minin Mu’minin (Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang)
Siti Maisaroh (Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa pembelajaran teks naratif cerita rakyat sebagai salah satu bagian dari pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di MI Sunan Giri Perak Jombang seharusnya disesuaikan dengan teori pembelajaran yang lebih mementingkan pendekatan kontekstual untuk kepentingan siswa yang diarahkan pada pembentukan karakter yang baik bagi perkembangan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar teks naratif cerita rakyat berbasis karakter Judikatif di MI Sunan Giri Perak Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall dengan langkah-langkah sebagai berikut: mengumpulan data awal mengenai kebutuhan pembelajaran sastra, merencanakan pengembangan bahan ajar untuk teks naratif, menyusun draft, dan proses validasi draf dan instrumen yang dikembangkan, Penelitian ini menghasilkan karakteristik bahan ajar teks naratif cerita rakyat yang sudah populer di kalangan masyarakat dan mengandung pesan moral yang mendidik dengan fokus pembentukan karakter Judikatif. Hasil pengembangan terhadap bahan ajar berupa perangkat bahan ajar yang selanjutnya diujicobakan untuk Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Perak Jombang. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di MI Sunan Giri Perak Jombang khususnya untuk materi pembelajaran teks naratif cerita rakyat berdasarkan pembentukan karakter dasar Judikatif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...