EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19

Dindin Alawi (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Agus Sumpena (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Supiana Supiana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Qiqi Yuliati Zaqiah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Ketika pandemic covid-19 merebak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap dengan segala skenario, termasuk mendorong pembelajaran daring bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan filosofi Kurikulum Merdeka Belajar dan pembelajaran digital di Indonesia selama menghadapi Covid-19. Konsep Kampus Merdeka menjadi jawaban dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, sebagaimana konsep Mendiknas tentang pembelajaran mandiri merupakan upaya untuk melakukan keadilan di masa perubahan, terutama dalam keadaan darurat. Mahasiswa yang perlu mengubah konsep kampus yang lebih baik, serta isu-isu yang lebih baru. Dalam hal ini diasumsikan bahwa era revolusi industri  4.0 adalah era teknologi tinggi dan harapannya mahasiswa di seluruh Indonesia siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 dengan konsep 'one area'. Kampus mampu bekerja sama, berkreasi, dan siap melayani sesama, diri sendiri, dan masyarakat luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...