J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): J-PiMat

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructional Design (MID) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 61 Parepare.

Zaid Zainal (Unknown)
St Maryam (Unknown)
Mirna Mirna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model MID dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SDN 61 Parepare. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model MID dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SDN 61 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 66,66% dengan kategori cukup dan observasi aktivitas siswa 61,43% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru menjadi 88,88% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 84,31% dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar pada siklus I hanya 58,82% siswa yang tuntas dengan rata-rata 69,70. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,23% siswa yang tuntas dengan rata-rata 83,52. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model MID untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SDN 61 Parepare.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...