JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 7 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini

Damayanti, Yunita (Unknown)
Watini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Tugas media inovasi sebagai energizer di era modern 4.0 telah berkembang pesat dan berfluktuasi mempengaruhi berbagai bagian kehidupan di semua kalangan, termasuk dunia anak usia dini. Salah satu bagian kehidupan yang berpengaruh adalah bahasa. Pada saat pandemi berlangsung, anak-anak memiliki banyak sekali waktu bersama media digital. Sehingga, tanpa disadari hal ini sangat berdampak terhadap perkembangan bahasa anak. Saat ini ada salah satu media yang dapat menjawab kebutuhan ini, yaitu media digital TV Sekolah. Dimana, anak, orangtua, dan guru dapat memanfaatkan fitur “Panggung Sekolah” pada channel TV Sekolah dengan berupa siaran streaming. Penelitian akan berpusat kepada peran TV Sekolah, apakah memiliki dampak yang signifikan kepada kemampuan menyimak pada anak usia dini, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa TV Sekolah dapat memotivasi anak dalam proses perkembangan bahasa mereka, khususnya dalam kemampuan menyimak anak. Anak – anak dapat menjadikan TV Sekolah sebagai media anak untuk melatih kemampuan menyimak dan guru akan membantu anak untuk memasukkan setiap kegiatan sekolah pada TV Sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...