Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Penggunaan Model Problem Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Creative Thinking pada Mata Kuliah Seminar Isu Terkini PAUD Berorientasi Kompetensi 4C Abad 21

Delrefi Delrefi (Universitas Bengkulu)
Zahratul Qalbi (Universitas Bengkulu)
Rafhi Febryan Putera (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Rendahnya kemampuan creative thinking mahasiswa di kelas membuat proses pembelajaran menjadi kurang optimal, maka dari itu perlu peningkatan creative thinking pada mahasiswa dengan menggunakan Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai upaya peningkatan creative thinking pada mata kuliah Seminar Isu Terkini PAUD Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan sampel 36 orang mahasiswa. Hasil dari penelitian menunjukkan creative thinking awal mahasiswa berada pada persentase 22,3% untuk kategori sangat baik dan baik, dan setelah dilakukan treatment dengan Problem Based Learning terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi 30,5% untuk kategori sangat baik dan baik dan terus meningkat menjadi 52,8 % untuk kategori sangat baik dan baik pada siklus II. Beradasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan creative thinking mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...