Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 2 (2022): Edisi April 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Excel pada Materi Dinamika Rotasi untuk Pencapaian Motivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Delsy Fitriyawati (Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Halu Oleo)
Amiruddin Takda (Universitas Halu Oleo)
Hunaidah M (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis microsoft excel pada materi dinamika rotasi untuk pencapaian motivasi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 11 Konawe Selatan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996). Media pembelajaran divalidasi oleh 3 orang ahli validator pendidikan. Subyek penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas XI MIA 3 untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik kelas XI MIA 2 untuk uji coba luas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes berbentuk pilihan ganda, memberikan angket motivasi, serta angket respon kepada guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran dinyatakan layak digunakan dari segi nilai validitas sebesar 3,49 dengan kategori sangat baik sehingga dapat dikatakan sangat valid; 2) nilai kepraktisan guru sebesar 3,77 dengan kategori sangat baik serta nilai kepraktisan peserta didik pada uji terbatas dan uji luas sebesar 3,50 dan 3,53 dengan kategori sangat baik; dan 3) nilai kefektifan dilihat dari hasil motivasi belajar peserta didik diperoleh pada uji terbatas dan uji luas sebesar 3,35 dan 3,38 dengan kategori sangat baik, serta peningkatan hasil belajar peserta didik pada uji terbatas dan luas sebesar 0,56 dan 0,57 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...