Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna
Vol 4 No 1 (2022): Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Anindyaguna

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PRICING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENUMPANG TRAVEL KENCANA CABANG KELET KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA

Ari Dwi Astono (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Evie Yunita F.S (STIE Totalwin)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan dan Strategi Pricing yang diberikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Kencana cabang kelet. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh Kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Data yang dihasilkan dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 80 pengguna jasa Travel Kencana Cabang Kelet sebagai responden. Berdasarkan perhitungan regresi berganda antara Kualitas pelayanan, Strategi Harga , terhadap kepuasan pelanggan dengan dibantu program SPSS dalam proses penghitungannya dapat diperoleh hasil sebagai berikut Y = 3.316 + 0.675 X1 + 0.438 X2 Kepuasan pelanggan mampu dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel indpenden harga dan kulitas pelayanan 60,9% sedangkan sisanya (100% - 60,9% = 39,91%) dijelaskan sebab-sebab lain diluar model. Berdasarkan pada hasil penelitian telah menjawab masalah penelitian tersebut yang secara signifikan mengahasilkan dua hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, yaitu : Kualitas Pelayanan dan Strategi Pricing. Artinya dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dari kualitas pelayanan dan Strategi Pricing pada Travel Kencana cabang kelet dapat diharpakan akan meningkat sesuai dengan targetnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

+++++

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Anindyaguna Ekonobisnis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis STIE Anindyaguna dengan E-ISSN: 2746-1173 dan P-ISSN: 2085-773X merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan secara enam bulan sekali. Anindyaguna Ekonobisnis bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi ...