Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 1 (2022): Juni

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI KELURAHAN GOGAGOMAN KECAMATAN KOTAMOBAGU BARAT KOTA KOTAMOBAGU

Sophia Pongoh (Universitas Negeri Manado)
Agnes Ramey Rooroh (Universitas Negeri Manado)
Adinda D A Pontolawokang (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga dalam memenuhi Pendidikan anak di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 41 orang. Teknik pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga dalam memenuhi Pendidikan anak di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu sebesar 14,51% dengan jumlah > 2,573 > 2,02269 dan jumlah > 6,629 > 4,09 (2) Sikap keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga dalam memenuhi Pendidikan anak di Keluarahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu sebesar 21,43% dengan jumlah > 3,261 > 2,02269 dan jumlah > 10,649 > 4,09 (3) Literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh postif dan signifikan terhadap perilaku keuangan keluaraga dalam memenuhi kebutuhan Pendidikan anak di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat Kota Kotamobagu sebesar 77,26% dengan jumlah > 6,329 > 3,24. Kata kunci : Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga ABSTRACT This study aims to determine the effect of financial literacy and financial attitudes on family financial management behavior in fulfilling children’s education in Gogagoman Village, West Kotamobagu District, Kotamobagu City. This research method is a survey method with a sampel 41 people. Techniques in data collection are questionnaire (questionnaire), observation and documentation. The reserch results were analyzed using multiple linear regression analysis methods, and multiple correlation analysis. The results of this study indicate: (1) Financial literacy has a positive and significant effect on family financial management behavior in meeting the educational needs of children in Gogagoman Village, West Kotamobagu District, Kotamobagu City by 14,51% with the number Tcount > Ttable 2,573 > 2,02269 and the number of Fcount > Ftable 6,629 > 4,09 (2) Financial attitude as a positive and significant effect on family financial management behavior in meeting the educational needs of children in Gogagoman Village, West Kotamobagu District, Kotamobagu City by 21,43% with the number Tcount > Ttable 3,261 > 2,02269 and the number of Fcount > Ftable 10,649 > 4,09 (3) Financial literacy and financial attitude have a positive and significant effect on family financial management behavior in meeting the educational needs of children in Gogagoman Village, West Kotamobagu District, Kotamobagu City by 77,26% with a number of Fcount > Ftable 6,329 > 3,24. Keywords: Financial Literacy, Financial Attitude, Behavior of Family Financial Management

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...