IBTIDA : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2022)

PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Kholimatus Sa'diyah Nur Habibah (Unknown)
Bahrun Ali Murtopo (Unknown)
Maesaroh Maesaroh (Unknown)
Muna Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Adapun yang menjadi subjeknya ialah tiga peserta didik dan tiga guru serta lokasi yang dipilih untuk dijadikan tempat penelitian yaitu MTs Negeri 1 Kebumen. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wewancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui kegiatan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar peserta didik dapat meningkat ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak dan fikih saat menggunakan multimedia pada proses pembelajarannya. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias peserta didik pada saat aktivitas belajar mengajar di ruang kelas, titik fokus peserta didik juh lebih tinggi yaitu setelah memperhatikan penjelasan dari guru, kemauan peserta didik untuk mencatat hal – hal baru yang dianggap sangat penting dan mudah memahami atau mencerna materi pembelajaran yang telah dipelajari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtida

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IBTIDA (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) adalah jurnal yang diterbitkan pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen ). Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember . Selanjutnya ...