Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 3 No. 2 (2022): APRIL-JUNI (JMCH)

Pengaruh Penerapan Modul K3 Sebagai Bahan Ajar Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja : The Influence of the Application of K3 Modules as Teaching Materials on Knowledge of Elementary School Children About Occupational Health and Safety

Rahman Rahman (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Muhammad Kidri Alwi (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Suharni Suharni (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Latar Belakang: Salah-satu penyebab langsung kecelakaan kerja adalah disebabkan oleh tingkat pengetahuan yang kurang mengenai K3. Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk usia dini di negara maju seperti Inggris, Amerika serikat, dan Finlandia sudah masuk dalam kurikulum pendidikan dasar mereka. Hal ini sudah dimulai pada pendidikan pra sekolah atau yang kita kenal di Indonesia dengan PAUD, sementara di Indonesia integrasi pengetahuan K3 di Sekolah Dasar (SD) bahkan hingga perguruan tinggi belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan modul K3 sebagai bahan ajar terhadap pengetahuan anak sekolah dasar tentang kesehatan dan keselamatan kerja di MI DDI Sadar Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 di MI DDI Sadar Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara sebanyak 38 siswa. Teknik pengambil sampel pada penelitian ini yaitu dengan total sampling. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji wilcoxon. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan dari sebelum (pretest) dengan pengetahuan kurang dan setelah perlakuan (posttest) dengan pengetahuan cukup. Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh penerapan modul K3 sebagai bahan ajar terhadap pengetahuan anak sekolah dasar tentang K3 kelistrikan (p:0.000), K3 bencana banjir (p:0.000), K3 bencana gempa (p:0.000), merokok (p:0.000), gizi (p:0.000), prilaku hidup bersih dan sehat (p:0.000), dan kesehatan reproduksi (p:0.000) di MI DDI Sadar Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Saran: dari peneliti agar pemerintah, instansi terkait, sekolah, guru, siswa bahkan orang tua agar memperhatikan terkait pentingnya pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja khususnya pada anak sekolah dasar. Maka modul K3 bisa menjadi sarana yang digunakan untuk menambah pengetahuan kesehatan dan keselamatan kerja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...