Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Eksakta)
Vol 3, No 1 (2022)

Teknologi Pengolahan Produk Pangan Berbasis Hasil Samping Kelapa Sawit Dan Pengelolaan Sampah Organik Di Desa Lawang Agung

Hesti Nur'aini (Mahasiswa Program Doktor Ilmu Pertanian Universitas Bengkulu, Bengkulu dan Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu)
Eko Sumartono (Mahasiswa Program Doktor Ilmu Pertanian Universitas Bengkulu, Bengkulu dan Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu)
Andwini Prasetya (Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu)
Mujiono Mujiono (Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu)
Ana Nurmalia (Fakultas Pertanian, Universitas Dehasen Bengkulu, Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Desa Lawang Agung adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Desa ini memiliki potensi sumber daya yang baik, diantaranya di bidang perkebunan kelapa sawit. Salah satu permasalahan lingkungan yang dialami oleh Desa Lawang Agung adalah belum adanya sistem pengelolaan sampah yang baik. Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam pemanfaatan hasil samping kelapa sawit berupa jamur sawit menjadi produk pangan bernilai tinggi dan pengelolaan sampah rumah tangga menjadi pupuk organik dan eco enzyme yang memiliki manfaat serta nilai ekonomi yang tinggi. Kegiatan dilakukan dengan metode sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan praktik langsung di lapangan. Hasil kegiatan pelatihan teknologi pengolahan jamur menjadi dimsum, yang diikuti oleh pelatihan manajemen operasional dan pelatihan digital marketing dapat menjadi stimulan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Desa Lawang Agung. Hasil penyuluhan serta pelatihan instalasi dan teknologi pengolahan sampah menjadi organik dan eco enzyme dapat dimanfaatkan sebagai sebagai pupuk, karbol, pembersih alami, sabun cair alami, penjernih udara alami, penjernih air alami, hand sanitizer alami dan pestisida alami.

Copyrights © 2022