Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Vol 7, No 2 DES (2021): EDUCATIONAL BUILDING

UJI KELAYAKAN BUKU AJAR STATISTIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Enny Keristiana Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Abdul Muin Sibuea (Universitas Negeri Medan)
Julaga Situmorang (Universitas Negeri Medan)
Nahesson H Panjaitan (Universitas Negeri Medan)
Suhairiani Suhairiani (Universitas Negeri Medan)
Elizon Nainggolan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika berbasis konstruktivistik dan mengukur kelayakannya dalam meningkatkan penalaran induktif mahasiswa pendidikan teknik bangunan. Pada umumnya mempelajari materi statistika memerlukan kemampuan penalaran induktif dalam memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang diadptasi dari model Dick & Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar statistika berbasis konstruktivistik memenuhi kriteria layak digunakan pada pembelajaran statistika digunakan dalam rangka meningkatkan kemampuan penalaran induktif mahasiswa yang merupakan hasil belajar yang ingin dicapai setelah pembelajaran statistika di kelas berakhir, ditunjukkan oleh penilaian ahli dan praktisi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar.Kata Kunci: Buku Ajar, Kelayakan, Penalaran Induktif, StatistikaABSTRACT This research aims to develop the textbook of statidtics based on the constructivist and measure its feasibility in increasing the studrnt's inductive ressoning from aducation of building engineering. In general, studying statistics material requires inductive reasoning skills in solving the problems in the context of daily life. The type of research that is done is research and development. This research procedure refers to the development model of Borg & Gall that are adapted of the model from Dick & Carey. The subject of this research are the students from education of bulding engineering that take the subject of statistics. The result shows that the textbook of statistics based on constructivist fulfill the criteria for proper to be used in the learning statistics that is used in order to increase the ability of the student's inductive reasoning that is the result of study that want to be achieved after learning statistics in the clas has ended, demonstrated by thd judgment of expert and practitioner, the trial for one-on-one, the trial for small group and the trial for large group.Keywords: Feasibility, Inductive Reasoning, Statistics, Textbook

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation Other

Description

Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil merupakan media publikasi karya-karya ilmiah khususnya hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik bangunan, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan, serta bidang ilmu yang relevan lainnya. Sebelum dipublikasi jurnal ini ...