Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 01 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Religiusitas dan Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia

Halil Khusairi (Institut Agama Islam Negeri Kerinci)
Ifdil Ifdil (Universitas Negeri Padang)
Perengki Susanto (Universitas Negeri Padang)
Yuda Syahputra (Universitas Indraprasta PGRI)
Rima Pratiwi Fadli (Institut Agama Islam Sumatera Barat)
M. Fahli Zatra Hadi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suhartiwi Suhartiwi (Universitas Hamzanwadi)
Nilma Zola (Universitas Negeri Padang)
Nikmarijal Nikmarijal (Institute Agama Islma Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi religius dan literasi keuangan Indonesia berdasarkan gender dan pendidikan terakhir. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 1044 responden (laki-laki = 271; perempuan = 773), individu yang menjadi sampel penelitian memiliki latarbelakang pendidikan yang beragam mulai tingkat sekolah dasar sampai dengan S3 (SD = 5, SLTP = 3, SLTA = 796, D3 = 4, Profesi = 4, S1 = 139, S2 = 77, dan S3 = 16). Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala religius (17 item) dan skala literasi keuangan (13 item). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan perangkat lunak JASP. Temuan pada penelitian menunjukkan religius responden berada pada kategori tinggi dengan nilai 55,6% dan pemahaman literasi keuangan responden berada pada kategori sangat tinggi 26%. Selain itu, kondisi religius dan literasi keuangan menunjukkan laki-laki lebih religius dan lebih memiliki pemahaman literasi keuangan dibandingkan perempuan Lebih lanjut, pendidikan terakhir mempengaruhi tingkat religius dan pemahaman literasi keuangan seseorang, terlihat dari nilai rata-rata pendidikan terakhir S3 tertinggi dibandingkan dengan pendidikan terakhir lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...