RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

PENGARUH REGULASI KEPSEK DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI 5 SMAN KABUPATEN BIREUEN ACEH

Fazli Fazli (Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh)
Amiruddin Amiruddin (Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh)
Marwan Marwan (Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh)
Teuku Salfiyadi (Kemenkes Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peraturan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh peraturan kepala sekolah dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara naratif menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di lima SMA Negeri Bireuen ada pengaruh peraturan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh media pembelajaran terhadap siswa kinerja di lima sekolah SMA Negeri Bireuen, dan ada pengaruh yang signifikan antara pesanan utama dan media pembelajaran guru terhadap kinerja siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan pada strata satuan pendidikan yang bertanggung jawab penuh terhadap mutu pendidikan dan juga kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah juga merupakan sosok yang harus menjadi panutan bagi setiap orang di lingkungan sekolah; 2) Media pembelajaran adalah media kreatif yang digunakan untuk membekali siswa dengan materi pendidikan agar proses belajar mengajar lebih menyenangkan, merangsang keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar, bahkan mempengaruhi psikologis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...