Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol 2, No 1 (2022)

MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DI SMP BERDASARKAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN SEKOLAH

Nur Hidayat (Universitas PGRI Semarang)
Sudargo Sudargo (Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Unknown)
Muniroh Munawar (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengkaji faktor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran di SMP Kota Semarang, 2) mengkaji karakteristik lingkungan SMP di Semarang, dan 3) mendesain model pengembangan Pendidikan Karakter dalam pembelajaran di SMP berdasarkan karakteristik lingkungan sekolah. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa model pengembangan Pendidikan Karakter di SMP berdasarkan karakteristik lingkungan sekolah memiliki Langkah kajian karakteristik, perencanaan (kurikulum), pelaksanaan pembelajaran melalui pembiasaan, dan evaluasi proses dan hasil belajar serta refleksi. Dari implementasi juga menunjukkan adanya penumbuhan karakter siswa, yaitu sebesar 5,50%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

praniti

Publisher

Subject

Education

Description

PRANITI: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra is a journal of education, language, and literature published by Department of English Literature, Faculty of Economics, Law, and Humanities, Universitas Ngudi Waluyo. Praniti is published four times annually in January, April, July, and October. We ...