PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 8 (2019): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2019

BUKU IPA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY: MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

A. Handjoko Permana (Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220)
Fauzi Bakri (Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220)
Mutiara Chaerunnisa (Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta,.Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan tuntutan pembelajaran abad 21 ini. Untuk itu bahan belajar harus dapat membantu pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku IPA SMP yang dilengkapi Augmented Reality yang dapat menjadi scaffolding dalam membentuk kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada MPI (Model Pengembangan Instruksional). Teknologi AR pada buku menampilkan media 3 dimensi yang dapat dianalisis oleh peserta didik untuk membangun konsep IPA yang dipelajari. Buku yang dihasilkan telah memenuhi syarat sebagai technological pedagogical content knowledge dalam pembelajaran di SMP. Instrumen validasi yang digunakan berupa kuesioner skala likert dengan responden para ahli (materi dan media) dan pengguna (guru dan siswa). The ability to think critically is the demand for 21st century learning. Because of that a learning material must be able to help the formation of critical thinking skills of students. The purpose of this study is to produce a junior high school science book equipped with Augmented Reality that can be a scaffolding in shaping students' critical thinking skills. The method used is the Research and Development (R&D) method which refers to MPI (Instructional Development Model). AR technology in books displays 3-dimensional media that can be analyzed by students to develop the science concept. This book has qualified as a technological pedagogical content knowledge in learning in junior high school. The validation instrument used was a Likert scale questionnaire with respondents from experts (material and media) and users (teachers and students).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...