Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE)
Vol 2, No 1 (2022): April 2022

Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh: Google Classroom Dan Google Meet Di SDN 3 Nagri Kaler

Dicka Assokawati Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fatimah Nur Robiyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Friska Amalia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Neng Dhenis Sukmawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rahel Sonia Ambarita (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ilham Ramadhan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Puji Rahayu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nuur Wachid Abdul Majid (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aulia Alfathin (SDIT Al-Bina, Purwakarta, Indonesia)
Muhammad Khoirul Fajri (Program Studi Informatika, Universitas Teknologi Digital Indonesia, Indonesia)
Amron Rosyada (Program Studi D4 Teknik Permesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang telah melanda ke seluruh Indonesia menyebabkan pemerintah mengambil kebijakan untuk mengembalikan aktivitas di luar rumah seperti bersekolah menjadi di rumah masing-masing melalui sistem daring. Terkait dengan hal ini, guru, orang tua bahkan peserta didik sendiri dituntut untuk memahami penggunaan beberapa aplikasi yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran daring ini. Dua media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran disaat pandemi seperti ini adalah Google Classroom dan Google Meet yang mana keduanya merupakan produk yang dikembangkan oleh Google dan saat ini menjadi aplikasi yang sangat membantu demi kelancaran proses belajar mengajar. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari, pada Kamis, 04 Maret 2021 dan pada hari Sabtu, 06 Maret 2021. Metode yang digunakan dalam sosialisasi penggunaan Google Classroom dan Google Meet adalah wawancara terkait dengan permasalahan yang terdapat di sekolah. Selanjutnya hasil wawancara tersebut ditarik sebuah kesimpulan bahwa, perlu diadakan sosialisasi mengenai penggunaan Google Classroom dan Google Meet. Kesimpulan tersebut kemudian dijadikan acuan dalam pembuatan video mengenai penggunaan aplikasi Google Classroom dan Google Meet untuk para sasaran kegiatan. Selanjutnya, video yang membahas tata cara penggunaan aplikasi Google Classroom dan Google Meet ini sebarkan kepada sasaran melalui kanal Youtube. Setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, selanjutnya membagikan kuesioner Google Form untuk mengevaluasi dan tanggapan dari sasaran mengenai kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan untuk kemudian dibuat kesimpulan. Adapun setelah menyimpulkan tanggapan dari sasaran mengenai kegiatan sosialisasi ini, maka didapatkan suatu pernyataan bahwa kegiatan sosialisasi ini bermanfaat bagi para sasaran karena dapat membantu dalam menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJOCSEE

Publisher

Subject

Engineering Other

Description

Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) by Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International ...