Bosowa Journal of Education
Vol 2 No 1 (2021): Bosowa Journal of Education, Desember 2021

Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Di SD Kristen Elim Makassar

Nurwidyayanti Nurwidyayanti (Sekolah Dasar Negeri SD Negeri 15 Lewang Kabupaten Wajo)
Sundari Hamid (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Syahria Madjid (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring dan kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan guru wali kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua siswa kelas V.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar yaitu orang tua melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah; menyediakan sarana dan prasarana kepada anak; memberikan semangat; motivasi; mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Kristen Elim Makassar yaitu latar belakang pendidikan orang tua memengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua memengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak; kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan. This research aims to know parent’s participation in facing online learning and as well as to find out parental difficulties in online learning at Elim Christian Elementary School Makassar. This study is qualitative research and uses a descriptive approach. Subjects in this research are the student’s parents and 5th grade homeroom. The data collection is taken through interviews, observation, and documentation. The writer acts as the interviewer to dig up data through the 5th grade student’s parents. The results show that the role of parents in online learning at Elim Christian Elementary School Makassar carries out two roles. The first is being a parent and the second is being a teacher at home, providing infrastructure, giving encouragement and motivation, and being a guide to students according to their interests and talents. The difficulties faced by parents at Elim Christian Elementary School Makassar are the educational background of parents affecting the level of ease and difficulty in dealing with children, the economic level of parents affecting the online learning process, especially in terms of facilitating children's learning, and the difficulty to manage their time for children and work.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...