AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 7, No 4 (2023): Edisi Februari 2023

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, PENDAPATAN DAN SIKAP AKSEPTOR DENGAN PEMILIHAN JENIS KONTRASEPSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JATI RAYA KOTA KENDARI

Uspa Putriani (Universitas Halu Oleo)
Amiruddin Amiruddin (Universitas Halu Oleo)
Ahdiat Agriansyah (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Hasil observasi awal pada akseptor KB kontrasepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Jati Raya Kota Kendari, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan jenis kontrasepsi diantarannya adalah tingkat pengetahuan, tingkat pendapatan, sikap, tingkat pendidikan, jumlah anak, usia dan ketersediaan alat kontrasepsi di apotik, namun tidak semuanya diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, pendapatan dan sikap akseptor dengan pemilihan jenis kontrasepsi. Jenis penelitian ini adalah asosiasi dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 157 akseptor. Sampel ditentukan secara purposive sampling sebanyak 141 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan dengan kategori tinggi sebanyak 62 responden (44,0%), menengah sebanyak 27 responden (19,1%) dan rendah sebanyak 52 responden (36,9%). Tingkat pendapatan dengan kategori tinggi sebanyak 13 responden (9,2%), menengah sebanyak 64 responden (45,5%) dan rendah sebanyak 64 responden (45,5%). Sikap dengan kategori baik sebanyak 53 responden (37,6%), sedang sebanyak 83 responden (58,9%) dan kurang sebanyak 5 responden (3,5%). Hasil analisis data dengan uji chi-square disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan, pendapatan dan sikap akseptor berhubungan secara signifikan dengan pemilihan jenis kontrasepsi (p< 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...