Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 8, No 1 (2022): July

Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Student Engagement dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Fa'iza Putri Muzakki (Sebelas Maret University)
Hardjono Hardjono (Sebelas Maret University)
Mahardika Supratiwi (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Sejak awal tahun 2020, sistem pendidikan di Indonesia berubah menjadi daring karena pandemi Covid-19. Studi pendahuluan mengungkap, rendahnya tingkat student engagement yang disebabkan karena adanya kendala dalam diri dan luar diri yang ditemui saat pembelajaran daring. Salah satu cara untuk meningkatkan student engagement adalah dengan memanfaatkan faktor internal yaitu efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan student engagement dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa program studi Psikologi Universitas Sebelas Maret. 233 mahasiswa aktif program studi Psikologi angkatan 2017-2020 yang sudah pernah atau sedang menjalani perkuliahan daring menjadi responden dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu Student Engagement terdiri dari 27 aitem (α = 0,887) dan Online Learning Self-Efficacy yang merupakan adaptasi dari Zimmerman dan Kulikowich (2016) terdiri dari 22 aitem (α = 0,897).  Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan, efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan student engagement, karena perolehan nilai koefisien korelasi 0,606 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,138 (0,606 > 0,138). Selanjutnya, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,367 yang menandakan, sumbangan efektif efikasi diri terhadap student engagement yaitu sebesar 36,7% sedangkan 63,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan oleh peneliti dalam penelitian.

Copyrights © 2022