Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 1 No. 2: Juli 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA SMP ITTIHAD MAKASSAR

Yusniar Rasjid (Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar, Indonesia)
Muqtakdir Nurfalaq S (Pendidikan Biologi, STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan one group Pre test-post test design dengan teknik random sampling. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMP ITTIHAD Makassar. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar pre tes 60,17 dan post test 74,9. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t berpasangan diperoleh nilai t 7,446 dan sig. 0,0001 karena nilai sig lebih kecil dari 5% maka penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan menggunakan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu siswa SMP ITTIHAD Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...