Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2022)

KANTONG SEMEN DAN PLASTIK SEBAGAI PRODUK KREATIF DI DESA BUGEL, KECAMATAN SEKARAN, KABUPATEN LAMONGAN MELALUI PROGRAM ISUK (INVESTASI SAMPAH UNTUK KESEHATAN)

Nur Ikhsan (Unknown)
Fitrahayunitisna Fitrahayunitisna (Unknown)
Marcella Marcella (Unknown)
Nadya Pradita Hosensyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Kemitraan Puskesmas Sekaran dengan Tyaga Art Management dalam program Posbindu PTM (Posbinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) adalah kerjasama pembuatan program kesehatan yang inovatif yaitu ISUK (Investasi Sampah Untuk Kesehatan). Melalui program ISUK diidentifikasikan banyaknya sampah kantong semen dan plastik yang dapat dijadikan sebagai bahan industri kreatif guna meningkatkan nilai ekonomis dan mandiri. Maka dari itu, perlu dilakukan pelatihan pemanfaatan kantong semen dan plastik menjadi produk kreatif yang bernilai ekonomis yang layak bersaing di pasar. Metode kegiatan ini adalah dengan pelatihan yang beNukerja sama dengan UPT Puskesmas Sekaran. Hasil kegiatan produk kreatif yang berupa tas, tote bag, dan dompet. Masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi mengikuti kegiatan ini, bahkan ada yang berencana untuk menekuni sebagai usaha mandiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gramaswara

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal GRAMASWARA bergerak dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni. Jurnal GRAMASWARA mewadahi berbagai artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan ...