Jurnal Keperawatan BSI
Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Keperawatan BSI

GAMBARAN KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL CARE PADA MASA PANDEMI DI PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE

Nurul Iklima (ARS University)
Sri Hayati (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Ayu Komalasari (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan reproduksi. Pemeriksaan kehamilan dilakukan minimal 4 kali selama masa kehamilan, yaitu 1 kali pemeriksaan pada trimester pertama, 1 kali pemeriksaan pada trimester kedua, dan 2 kali pemeriksaan pada trimester ketiga. Melakukan pemeriksaan ANC rutin dapat mencegah dan mengenali adanya tanda bahaya kehamilan sejak awal. Namun, dikarenakan adanya pandemi covid-19 semua aktivitas harus dibatasi termasuk kunjungan antenatal care. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna jasa pelayanan kesehatan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas IbrahimAdjie. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 57 responden. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner dan analisis data menggunakan analisis Univariate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata rata kepuasan ibu terhadap pelayanan antenatal care berada pada kategori puas diurutkan dari nilai tertinggi ke nilai terendah yaitu responsive dengan presentasi 94%, assurance dengan presentasi 86%, reliability dengan presentasi 72%, emphaty dengan presentasi 65%, dan tangible 48%. Kesimpulan menunjukan bahwa rata rata kepuasan responden dalam kategori puas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Keperawatan BSI Terbit pertama kali pada 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. Terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu April dan September. Jurnal Keperawatan BSI sebagai ...