EDUCARE
Vol. 13 No. 2, Desember 2015

Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping

Nisa Srinita (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Marthen Tapilouw (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Reviandari Widyatiningtyas (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi dan merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa. Dengan demikian perlu diterapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan penelitian utuk mengetahui capaian peningkatan kemampuan koneksi matematis melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII salah satu SMP di Kabupaten Bandung. Dipilih dua kelas siswa kelas VII sebagai sampel penelitian satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Mind Mapping terdapat peningkata koneksi matematis siswa yang lebih baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...