EDUCARE
Vol. 13 No. 2, Desember 2015

Pengaruh Model Pembelajaran Genius Learning dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa SMA

Yuyun Yuhanifah (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Reviandari Widyatiningtyas (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Iwan Gunawan (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memperoleh bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di salah satu Kota Bandung. Populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata–rata dua kelompok berpasangan dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Genius Learning dengan pendekatan Open Ended.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...