Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs SA KEBON DALEM DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA TOPIK ARITMATIKA SOSIAL

Fajrul Najmuddin Abdi Praja (Universitas islam malang)
Anies Fuady (Unknown)
Fadhila Kartika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis ditinjau dari self confidence pada materi aritmatika sosial kelas VIII MTs SA Kebon Dalem dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs SA Kebon Dalem dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial ditinjau dari self confidence. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A di MTs SA Kebon Dalem tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, kuisioner, dan pedoman wawancara. Kuisioner self confidence diberikan kepada 24 siswa. Dari 24 siswa Peneliti menetapkan tiga subjek penelitian yang dipilih menggunakan cara purposive sampling. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Setelah data absah/valid maka dilakukan analisis data untuk memperoleh kesimpulan kemampuan penalaran matematis berdasarkan setiap klasifikasi self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa; (1)Tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik ditinjau dari self confidence pada materi Aritmatika Sosial kelas VII, yaitu: a) tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi terdapat pada satu peserta didik atau setara dengan 33,3% dan memperoleh hasil rata-rata nilai 83,5, b) tingkat kemampuan penalaran matematis sedang terdapat pada satu peserta didik atau setara dengan 33,3% dan memperoleh hasil rata-rata nilai 66,5, dan c) tingkat kemampuan penalaran matematis rendah terdapat pada satu peserta didik atau setara dengan 33,3% dan memperoleh hasil rata-rata nilai 45,5. (2) Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial ditinjau dari self confidence adalah sebagai berikut; (a)  Siswa dengan tingkat self confidence tinggi, memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis; (b) Siswa dengan tingkat self confidence sedang, memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan penalaran matematis; (c) Siswa dengan tingkat self confidence rendah, memenuhi dua dari empat indikator kemampuan penalaran matematis.Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Self Confidence, Aritmatika Sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...