Kecakapan hidup merupakan kompetensi yang harus dimiliki individu dalam melanjutkan aktivitas hidup sehari-hari. Konstruksi pengetahuan, keterampilan dan sikap berbasis masalah membekali siswa untuk memeliki kecakapan yang baik. Penelitian ini untuk bertujuan meningkatkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBM). Pendekatan yang digunakan penelitian Tindakan kelas. Subjek adalah siswa kelas VIII SMP Kecamatan Palipi yang berjumlah 35 siswa. Hasil 1) penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampauan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Kecamatan Palipi setelah melewati siklus I dan II. Pada siklus I telah diperoleh secara klasikal terdapat 28 siswa atau 80% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah memiliki tingkat kemampuan konsep berada dalam kategori minimal cukup. Pada siklus II terdapat 33 siswa atau 94,29% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah memiliki tingkat kemampuan konsep berada dalam kategori minimal cukup. 2) penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kadar aktivitas aktif siswa dalam proses belajar mengajar pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Kecamatan Palipi setelah melewati siklus I dan II.
Copyrights © 2022