Pembelajaran AUD harus bisa mengembangkan berbagai kemampuan dasar anak untuk mewujudkan generasi komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Pendekatan STEAM dipandang sebagai suatu pendekatan yang bisa menyiapkan generasi abad 21 yang bertujuan untuk menstimulasi kreativitas, menyiapkan anak-anak dalam dunia kerja yang penuh inovasi dan invensi atau SDM dengan kualitas bagus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan pendekatan STEAM berbasis media loose parts di TK Mataram Rejotangan, Tulungagung. Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang; (1) Proses sains digolongkan ke dalam 5 tahap dimana setiap tahap terdiri atas pengamatan selama 5 hari. Pada setiap tahapnya terjadi peningkatan proses STEAM yang dilaksanakan dalam pembelajaran; (2) Aktifitas pembelajaran STEAM berjalan cukup efektif dimana keterampilan sains (sains), teknologi (technology), eingeneering, seni (art), dan matematika (mathematic) berhasil ditingkatkan; (3) Penggunaan media loose parts terbukti bisa meningkatkan rasa penasaran dan kreatifitas anak dalam STEAM yang dibuktikan dengan antusias dan hasil karya anak yang beragam; (4) Kesulitan yang dihadapi guru adalah minimnya kolaborasi anak dan guru, dikarenakan masih berpola teacher center maka pembelajarannya cenderung direct teaching, penerapan metode rekayasa, dan mengintegrasikan bidang-bidang STEAM dalam aktivitas main anak
Copyrights © 2022