Jurnal Administrasi Bisnis


STRATEGI POSITIONING DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. PLANET BECKHAM 18 DI KABUPATEN GOWA

Dahlan Dahlan (Universitas Negeri Makassar)
Firman Umar (Universitas Negeri Makassar)
Aris Baharuddin (Universitas Negeri Makassar)
Andi Aslinda (Universitas Negeri Makassar)
Didin Didin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi positioning pada PT. Planet Beckham 18 dalam membangun citra perusahaan di Kabupaten Gowa. Adapun informan dalam penelitian ini adalah marketing PT. Planet Beckham 18, Manager HRD PT. Planet Beckham 18. Suvervisor Purchasing PT. Planet Beckham 18 dan pelanggan PT. Planet Beckham 18. Tekhnik pengumpulan data melalui metode Observasi, metode Wawancara, metode Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Reduksi Data (pengurangan data), Display Data (penyajian data), dan menarik Kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak perusahaan yang melakukan strategi posisi dalam meningkatkan citra sudah mampu meningkatkan citra positif perusahaan dalam benak fikiran pelanggan, berdasarkan penarikan kesimpulan dari wawancara para pelanggan. pada empat bidang yaitu strategi positioning dalam bidang harga dan kualitas ( price or quality), yaitu dengan mengutamakan pelayanan yang baik dan penetapan harga susuai pasar. Produk (produk), menghadirkan berbagai produk jasa komplit untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pesaing (competitor positioning menghadirkan berbagai produk jasa dalam satu tempat yang menjadi pembeda (differensiasi) dan manfaat (benefit positioning) di bidang manfaat yaitu berupa manfaat jasmani dan rohani. Pada PT. Planet Beckham 18 di Kabupaten Gowa telah berhasil meningkatkan posisi brand image dan citra perusahaan di benak pelanggan dan di pasaran persaingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...