Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang
Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang

Analisa Kinerja Proyek Menggunakan Metoda Earned Value Management dan Pengendalian dengan Metoda Time Cost Trade Off (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Silaosinan Kabupaten Mentawai)

Jajang Atmaja (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)
Etri Suhelmidawati (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)
Hendra Alexander (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)
Monika Natalia (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)
Merley Misriani (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)
Rafella Nola (Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang, Kampus Limau Manis Padang-Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Pengolahan suatu proyek sangat bergantung pada pengendalian setiap aktivitas, sehingga pelaksanaan suatu proyek konstruksi dapat senantiasa terkontrol. Earned Value Management method adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kinerja dari proyek. Pada pelaksanaan pekerjaan Pembangunan Jembatan Silaosinan, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat ini, terjadi keterlambatan dalam pelaksanaannya, maka penulis meninjau ulang dari minggu ke-26 dimana bobot realisasi 48,044% sedangkan bobot rencana 51,328%, terdapat deviasi (3,284%), maka perlu dilakukan perhitungan biaya sisa dan waktu tersisa sampai minggu ke-26, kemudian dilakukan percepatan agar proyek dapat kembali sesuai kontrak. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah nilai estimasi biaya penyelesaian proyek (Estimate at Completion) adalah sebesar Rp 28.091.045.542 , nilai estimasi waktu penyelesaian proyek (Time Estimate) 41,475 minggu. Alternatif penambahan tenaga kerja dan penambahan shift kerja dilakukan dalam mempercepat pelaksanaan proyek. Keadaan proyek kembali ke durasi rencana dengan penambahan biaya sebesar Rp 685.220.700.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang atau disingkat JTS ITP ini dikelola oleh Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut teknologi Padang, Sumatra Barat, Indonesia. JTS ITP terbit 2 (dua) kali setiap tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli, sejak tahun 2014. Terhitung Juli 2016, ...