AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 11, No 3 (2022)

PERSOALAN LITERASI MATEMATIKA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS PON PAPUA XX

Anis Munfarikhatin (Universitas Musamus)
Irmawaty Natsir (Universitas Musamus)
Sadrack Luden Pagiling (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal literasi matematika berorientasi PISA menggunakan konteks PON Papua XX yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah desain research yang terdiri atas dua tahap yaitu tahap preliminary dan formative evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA di Merauke, Papua. Soal yang dikembangkan menggunakan konten uncertainty and data yang berfokus pada kemampuan representasi, penalaran dan argumen. Pada soal unit 1 nomor 1 sebanyak 28 siswa mampu menggunakan representasi, penalaran dan argumen. Pada soal unit 1 nomor 2 sebanyak 26 siswa yang mampu menggunakan respesentasi dalam bentuk tabel serta menggunakan penalaran dan argumen. Pada soal unit 2 nomor 1, 27 siswa mampu menggunakan representasi, penalaran dan argumen, dan pada soal unit 2 nomor 2, 25 siswa mampu mengguunakan representasi, penalaran dan argumen. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa merasa antusias dalam mengerjakan soal karena langsung dikaitkan dengan persoalan nyata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...