Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 1 (2022): Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

MEDIA SOSIALISASI EDUKASI MAJALAH DAN FLIPBOOK PENCEGAHAN STUNTING BAGI IBU HAMIL

I Gusti Agung Bagus Wimajaya (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Ni Putu Paramesti Mitha Cahyani (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
I Nyoman Larry Julianto (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
I Wayan Agus Eka Cahyadi (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
I Nengah Wirakesuma (Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Gede Pasek Putra Adnyana Yasa (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Kehamilan adalah suatu hal yang penting, terdapat anjuran-anjuran yang perlu ditaati agar mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dalam hal ini yaitu stunting pada anak nantinya. Stunting merupakan kondisi yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis terutama pada periode 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK). Kondisi tersebut adalah pada saat bayi memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umurnya. Stunting berdampak buruk terhadap perkembangan fisik, motorik, serta kemampuan kognitif anak. Upaya preventif perlu dilakukan untuk menekan kasus stunting, salah satunya adalah mengedukasi ibu-ibu hamil berkaitan dengan upaya pencegahan stunting melalui media majalah dan flipbook yang dikemas dengan visualisasi yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan edukasi diri bagi ibu hamil mengenai bahaya stunting dan cara pencegahannya. Penelitian dilakukan dengan metode survey, tepatnya dengan Kepala Desa Kukuh, serta pihak yang berkecimpung di dunia kesehatan. Hasil dari survey tersebut seperti informasi tentang kasus stunting yang pernah terjadi di Desa Kukuh, perlu diberikan perhatian khusus lebih, hal itu disolusikan berupa majalah digital dan flipbook. Hasil konsep desain majalah yang ditunjukkan sebagai prototipe pertama dan menguji keefektifan medianya kepada satu atau lebih target audiens juga didapat dari survey. Dari survey dan penyelesaian media survey, masyarakat khususnya ibu hamil menjadi lebih memahami dan sadar akan bahaya Stunting sekaligus juga meningkatkan minat baca tentang cara pencegahan stunting oleh media yang ditawarkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdiwidya

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat, merupakan sebuah bentuk aplikasi keilmuan terhadap pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam perkembangan, kini terdapat aturan yang menuntut dokumentasi pengabdian dalam bentuk publikasi artikel. Aturan ini kemudian ...