Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “HIDUP RUKUN” DI KELAS II

Ayu Wulandari (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muljono Damopolii (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Andi Halimah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitasperangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun”dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar. Jenispenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yangmengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahapperancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran(dessiminate) yang dilaksanakan di kelas II. Instrument yang digunakan dalam pengumpulandata ini dibagi menjadi tiga, yaitu format validasi, format kepraktisan, dan formatkeefektivan. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisienvalidasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3, 58(sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisanperangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkatpembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangatvalid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% dari 15 dengan sebanyak 2 orangmendapatkan nilai tinggi dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...