Penelitian ini bertujuan untuk, untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitasperangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approach pada tema “Hidup Rukun”dengan subtema “Hidup Rukun di Rumah” kelas II di MI Darul Hikmah Makassar. Jenispenelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yangmengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahapperancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran(dessiminate) yang dilaksanakan di kelas II. Instrument yang digunakan dalam pengumpulandata ini dibagi menjadi tiga, yaitu format validasi, format kepraktisan, dan formatkeefektivan. Berdasarkan hasil uji kevalidan dari para ahli dengan menggunakan koefisienvalidasi perangkat pembelajaran, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3, 58(sangat valid) dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) 3,35 (Valid). Untuk kepraktisanperangkat pembelajaran diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan perangkatpembelajaran 3,53 (sangat valid) dan angket respons guru terhadap perangkat 3,63 (sangatvalid). Sedangkan untuk uji keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan,diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 95,33% dari 15 dengan sebanyak 2 orangmendapatkan nilai tinggi dan nilai sangat tinggi sebanyak 13 orang peserta didik.
Copyrights © 2019