Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 1 No 2: AGUSTUS (2019)

PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 LUWU KABUPATEN LUWU

Indo Tang (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei Safei (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Thamrin Tayeb (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Suarti Suarti (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengatahui bagaimana kompetensi sosial guru di kelasV MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu, 2) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi socialguru terhadap mata pelajaran matematika peserta didik kelas V di MIN 3 LuwuKabupaten Luwu, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikankompetensi social guru dengan hasil belajar peserta didik kelas V di MIN 3 Luwu.Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis Ex-postfacto. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa 1) Deskripsi Kompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3Luwu berkategori tinggi dengan persentase 62%. 2) Deskripsi hasil belajar peserta didikkelas V di MIN 03 Luwu Kab. Luwu, dengan memperhatikan 26 peserta didik sebagaisample dapat di ketahui bahwa 4 orang (15 %) berada pada kategori rendah, 9 orang (35%) berada pada kategori sedang, dan13 orang (50%) peserta didik berada pada kategoritinggi. Dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76. Dapat disimpulkan bahwakompetensi sosial guru Matematika kelas V MIN 3 Luwu berkategori sedang denganpersentase 35 %. 3) Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, konstanta dan koefisienpersamaan diperoleh dari kolom B, Sehingga persamaan regresi : Y= 118,204 + 0,698X.Dari analisis diperoleh ????ℎ???????? = 2.646 dan p- value = 0.014> 0.05 atau ????0 ditolak. Dengandemikan kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pesertadidik kelas V MIN 3 Luwu Kabupaten Luwu

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...