Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 3 No 1: FEBRUARI (2021)

HUBUNGAN HALAQAH TARBIYAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT WIHDATUL UMMAH MAKASSAR

Hartina Yusuf (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Muhammad Yahdi (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Munirah Munirah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan halaqah tarbiyah di SDIT WihdatulUmmah Makassar, 2) Prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V diSDIT Wihdatul Ummah Makassar, 3) Hubungan halaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidangstudi pendidikan agama Islam peserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar. JenisPenelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalahpeserta didik kelas V di SDIT Wihdatul Ummah Makassar, yang jumlahnya 91 orang. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dikarenakan jumlah populasi yang tidakmencukupi atau di bawah 100 orang, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumenpenelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah denganmenggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptifpelaksanaan halaqah tarbiyah termasuk kategori baik dengan persentasi sebesar 23,1% dan prestasibelajar Pendidikan Agama Islam peserta didik termasuk dalam kategori cukup baik denganpersentasi sebesar 27,5%. Berdasarkan hasil statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji tdiperoleh hasil perhitungan yaitu rxy > rtabel yakni sebesar 0,932 > 0,1735 dan thitung > ttabel yaknisebesar 53,166 > 1,6621, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antarahalaqah tarbiyah dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam peserta didik kelas Vdi SDIT Wihdatul Ummah Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...