Kesehatan merupakan kondisi maupun keadaan baik fisik, mental, maupun sosial secara sempurna. Kajian ini bertujuan guna mengetahui apakah masing-masing pihak terkait dalam mewujudkan kinerja pegawai kesehatan melalui pelayanan kesehatan. Kajian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif dan kuantitatif, sedangkan teknik mengumpulkan data terlaksana dengan observasi, wawancara, maupun pencatatan literatur ke pengelola dan wisatawan di klinik Dr. Hermanto Cardiac Center. Hasil pengujian koefisien budaya organisasi dan kinerja memperlihatkan nilai t hitung > t tabel (4.754 > 1,701) sehingga Ho tertolak memperlihatkan bila budaya organisasi memengaruhi signifikan bagi kinerja terkait upaya melayani pasien diklinik Dr. Hermanto Cardiac Center. Atas dasar itulah, terjawab hipotesis dari kajian bila budaya organisasi memengaruhi kinerja pegawai kesehatan di klinik Dr. Hermanto Cardiac Center. Pengelola klinik membutuhkan usaha meningkatkan sarana maupun prasarana kesehatan, aksesbilitas, serta fasilitas yang terdapat pada klnik itu supaya pasien merasa nyaman, karena pasien sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat. Kata Kunci : budaya organisasi; kinerja
Copyrights © 2022